Kamis, 18 Desember 2014

Tugas-Tugas Semester 1 Arsitektur Interior UI 2013

meneruskan post sebelumnya yang ngebahas bagaimana gue menemukan arsip lama gue pas lagi beresin studio sehabis Internal semester 3...

Jadi waktu itu gue masih maba. masih cupu unyu imut innocent banget. Gue terlalu bahagia masuk UI sampai-sampai rasanya mabim yang sejujur-jujurnya agak nyebelin dan agak berat itu bisa gue lalui tanpa ada perasaan dendam ato apa ama senior.. well mabim gue jauh lebih baik daripada mabim maba 2014, jadi gue bersyukur masih bisa ngerasain euforia teknik yang hot banget. Sepertinya maba 2014 kurang hot ahaha..

Terus sambil ngejalanin mabim yang astaga ngerepotin banget, dan sambil diserang matkul seperti PengArs dan Seni Rupa yang tugasnya waw banget.. somehow.. gue bertahan. Gue ampe bingung kenapa dulu gue rajin amat tuh tugas semuanya dikerjain, harusnya gue mager mabim aja ya.. sumpah nyita waktu banget itu mabim. Di semester ini doang gue tahan ga tidur 3 hari.. alias 72 jam penuh. Hebat kaannnnn.... gue aja ga ngerti kenapa bisa hahahaha... lumayan nilai semester gue gede dan gue lulus mabim teknik.

Jadi tugas-tugas yang mau gue bahas adalah tugas senrup yang.. sebenernya lo bagus kalau dosen bilang itu bagus dan kelulusan lo mungkin ukurannya adalah mood dosen yang bagus atau jelek.

1. TUGAS SEJUTA UMAT ARSIN UI: Gambak OK

Cat Air

Tinta Cina


Pensil


Jadi Gambar OK adalah gambar ekspresif yang biasanya hanya berupa outline. Contoh simpel adalah gambar manga, tau sendiri kan manga itu gambarnya gimana.. simplified gambar realis. Dan karna gue suka gambar manga, gue lumayan jago nih di tugas ini. Selama satu semester, harus bikin gambar OK minimal 60 gambar. gambarnya terdiri dari hewan mamalia dan tanaman. Dari cat air, tinta cina, dan pensil. Gambar OK hanya akan dihitung bila di gambar yang lo kumpulin ada tulisan OK dan tanda tangan dosen/fasilitator. Dan percaya aja, kalo lu gambar 10 biji terus lo kumpulin dan lo ga dapet tulisan OK sama sekali, itu biasa.

Intinya ini ajang ngedapetin tanda tangan dan tulisan OK

Sebenernya ini gue bisa dapet 60 kalo rajin, tapi gue overwhelmed ama tugas lain jadi gue cuma dapet 38 gambar  OK wakakakaka

2. TUGAS YANG GUE GA JAGO BANGET: Color Wheel

Peralihan warna biru-kuning-merah

Jadi lo diminta buat bikin ginian pake cat poster warna Prussian Blue, Red, dan Yellow. Semakin mahal merk nya *uhuk*PENTEL*uhuk* semakin mudah mencampur warnanya. Dan semakin mahal kuasnya *uhuk*LYRA*uhuk* maka goresannya semakin bagus dan nilai lo juga makin kece

Nilai tertinggi gue setelah ngumpulin berkali-kali?

cuma dapet angka 49

Oke next!

3. TUGAS YANG GUE LUMAYAN BISA: Komposisi Warna

Komposisi warna di atas kertas putih

Komposisi warna di atas linen hitam

Gue bilang lumayan bisa karna semua yang gue kasih hampir dapet OK semua wahahahahaha... Sebenernya ini kalo lo udah tau triknya, lo bisa dapet OK berapapun juga. Jadi yang paling gampang adalah buat susunan bentuk yang punya pola atau alur, terus warnanya gradasi minimal 3 warna, dan diakhiri dengan aksen. gapake aksen juga bisa sih. Tiap orang punya tips yang berbeda buat tugas ini, tapi itu tadi tips gue. Masing-masing harus 5 yang hitam ama 5 yang putih. Gue yang ini lengkap tanpa beban, soalnya udah tau triknya, yang btw gak gue bagi ke temen-temen gue (Gila may lo matil banget, padahal lo tau temen lo ada yang matimatian bikin ginian ga bisa dapet OK). Intinya gue skip banget dan tugas ini berlalu begitu saja jadi gue lupa temen..

4. TUGAS YANG GUE SKIP AMPE AKHIR SEMESTER: Komposisi Warna full page

Red and Coral Blue, contrast play..

Warm and Cold colors, and their reverse color..

Hem jadi kayanya tugas ini tuh dikasih tau di sebuah pertemuan yang gue anggep ga penting dan tiba-tiba diminta buat nilai.. Dan gue panik banget dan ternyata bukan cuma gue doang, lalu kumpulan anak skip yang belum ngumpulin minta kakak Fasilitator buat ngasih kesempatan lagi buat ngumpulin, lalu tugas ini gue kerjain dengan khidmat wakaka.. lumayan lah dapet OK dua-duanya

5. TUGAS YANG BIKIN GUE INGET HAL GA ENAK: Gradasi Warna

Gradasi dengan pojok putih sebrangnya hitam, merah sebrangnya kuning

Ngerjain ini tuh.. WTH banget. Ga usah cerita deh. Pokonya kenangan buruk. Contoh kerja sama kurang baik yang membekas ampe semester ini. Oiya gara-gara tugas ini, gue inget gue ngutang 10rb ama sepupu gue anak FE pas lagi bikin ini.. gue bayar deh ntar, aduh utang nunggak 2 semester tuh.

6. TUGAS YANG PALING PALING SUSAHNYA: Space

Portfolio Space kertas

Portfolio space metal

NB: Jelek ya? Maap warnanya udah pudar banget soalnya, atau emang pada dasarnya emang portfolio ngasal

Jadi.. tugas ini yang bikin gue begadang 3 hari full. Jadi gue tuh BAD banget ama topik sensitif yang paling berhubungan ama jurusan gue, yaitu SPACE atau RUANG atau apalah itu bahasanya.

Yang paling paling paling paling paling parah adalah Space metal. Jadi kan kita diminta bikin 4 space, yaitu space kertas, plastik, metal, dan tanah liat. Nah, pas bikin space metal.. Gue tuh bingung gimana.. akhirnya tiba-tiba di suatu malam yang cerah gue mendapatkan ide brilian hasil eksplorasi material yang gue yakin bakal dapet nilai A.

Gue ngerjain semalaman full, paginya gue dibantu ade gue. Gue membuat rangkaian dari kawat nyamuk yang mirip rangkaian bunga mawar metal semi transparan yang kalo lo mainin bisa berkilau-kilau gitu.. Hal terindah sepanjang sejarah pembuatan space metal.

Dengan bangga gue bawa ke kampus, gue ga ngantri dan langsung ke depan pas dosen gue tereak-tereak minta hasil. Gue maju dengan bangga, soalnya gue menemui 3 fasilitator dan mereka suka banget ama space gue, temen-temen gue juga terpesona ama kegigihan gue merangkai kawat nyamuk itu.

Tapi nasib berkata lain.

Gue menaruh space itu di meja dosen. Lalu dosen gue marah-marah sambil ngancurin rangkaian bunga mawar metal itu dan bilang "KAMU GAK KREATIF BANGET SIH! KENAPA KAMU GAK BIKIN YANG KAYAK GINI??" sambil dengan cekatan membuat pola yang kalo diterusin bisa bikin space.

Mahakarya gue dia singkirin pake tangan kayak sampah. Fasilitator hanya bisa diam melihat kesialan gue saat itu yang ngasih mahakarya saat mood dosen lagi jelek.

Gue mikir, "Siapa yang peduli ama ide space lu? Kenapa lu gak nilai space rangkaian gue sendiri?"

BTW ide dosen yang dia praktekin setelah maki-maki space gue, beneran gue bikin copas 100% omongan dia dan space gue dapet nilai D2, yang artinya pas-pasan banget. Tingkatan nilai dari tinggi ke rendah: A1 A2 A3 A4 A5 B1 B2 B3 B4 B5 C1 C2 C3 C4 C5 D1 D2 D3 D4 E.

Sepertinya kejadian ini agak mempengaruhi mental gue sampai sekarang, sehingga gue susah banget yang namanya rajin dan dedikasi, karna sedikitnya gue rajin, gue lumat dibabat. Ini bukan hal baik, I know I know.. gue berusaha berubah kok sekarang.



Anyway, hanya itu. Tugas UTS UAS variatif, jadi gatau deh, tapi tugas di atas itu tugas sejuta umat arsin UI yang selalu ada kayanya.

Okay, Sore ja.. Sekian dan terima kasih.




1 komentar: