Selasa, 23 Agustus 2016

Animal Therapy.. antisipasi demotivasi studio :v

Sekarang gue pelihara kucing di rumah. Minta anak kucing umur 4 bulan dari temen. Sekarang udah 7 bulan.

Sebenernya agak bingung juga kenapa saya tiba-tiba pelihara kucing. Dari dulu gak pernah sih jadi animal lover, atau anak yang suka mainin kucing. Bahkan sebenernya kucing-kucing dari gue kecil gasuka ama gue. Guenya juga ga peduli sama sekali ama spesies mereka hahaha

Alasan awal ingin pelihara.. Jujur sih karna ingin meningkatkan kebahagiaan (?) dan bisa mengurangi stres (?)

Lalu saya juga merasa tidak pernah mencoba memahami makhluk lain selain manusia. Padahal kucing itu ada dimana-mana tapi rasanya gak terlalu ko-eksis ama manusia-manusia.. Bahkan jadi pengganggu buat sebagian orang.

Sampai akhirnya di teknik.. Ya Allah kucing di fakultas saya BANYAK BANGET. Saya yang awalnya benar-benar tidak pernah notice ama makhluk itu jadi notice (bahkan kalau dia minta makan di warung2 pinggir jalan, saya tendang pelan-pelan buat menyingkirkannya)

Selain banyak kucing, banyak juga yang menyukai kucing di sekitar saya. Biasanya temen-temen yg emang di rumahnya pelihara kucing, jadi kalau liat kucing lain ikutan sayang dan ngasih makan.

Lalu timbullah pernyataan-pernyataan dari mulut teman saya seputar kucing, yang saking kupernya, saya ngga tau

Misalnya "ih kucing tuh pasti aja selalu gini kalau kita begini" "kucing suka kalau begini" "kucing mana mau kalau kayak gitu"

I mean, what the hell people, how did you know, you guys are amazing, and I just spending my whole life didn't give a damn about cats

Ceritanya, mata gue jadi terbuka sedikit. Gue yang emang gampang gemes ama setiap hal-hal kecil yang sederhana tapi lucu, akhirnya tertarik juga ama kucing.

Karna emang kucing lucu, jadi tambah-tambah sukanya. Makin sini makin jadi cat lover. Tapi jadinya.. suka sakit hati dan merasa worthless kalau ada kucing yg kabur walau saya berniat baik mengelus atau mau kasih makan.. Even animals despise me :"(

Lalu saya merasa kagum sama pemilik kucing. Bagaimana bisa, dia bawa kucing ke rumah, kasih makan, dan kucingnya lambat laun bisa jadi manja dan sayang banget ama dia?

Maaf ya kalau itu pertanyaan bodoh yang "you don't say" banget, saya benar2 ga peduli ama binatang jadinya awkward kalo ada hewan yang baik sama saya. Saya kira saya udah natural gak disukai semua binatang di dunia. Mungkin mereka tau saya banyak dosa. Mungkin mereka tau guenya juga emang ga peduli ama mereka.

Oke akhirnya gue pelihara kucing. Gue beli makanan kitten, bak pasir, pasir, sekop pasir, pet carrier, dan sampo kucing. Saya ambil kucing dari rumah temen saya.

Kucing biasa kok. Bahkan banyak banget stray cat yg persis kucing saya.

Asal usulnya? Jadi ada kucing bulu lebat entah ras apa mampir ke rumah temen, ditanya tetangga itu kucing siapa gaada yg tau. Kata temen saya akhirnya kucingnya tinggal di rumah dia (yang juga udah dihuni sekitar 5 kucing lain). Terus kucing itu hamil, punya anak 3, dan pergi lagi berkelana entah kemana. Kadang ada, kadang ngga. Anak kucingnya diurusin ama temenku. Terus kuambil satu.

Okay, literally stray antah berantah. But who cares. Masih kucing kok.

Terus dia di rumahku sekarang. Dan karna saya takut banget dosa dzhalim ama binatang, saya urus sepenuh hati.. Udah kayak mau urus bayi. Rajin banget, hati-hati banget, apik banget, bersih banget, ampe temen-temen gue yg punya kucing pada bilang kalau gue terlalu niat dan lebay. But that's good. Cuma terlalu perhitungan. Kayak bukan melihara, tapi kayak raising stat chara di game.

Awalnya merasa itu kewajiban dan konsekuensi dari pilihan sendiri untuk bawa kucing ke rumah, bukan cinta kasih whatsoever. Gue bahkan gabisa gendong atau angkat dia dengan baik. Gue gatau cara sayang ama dia. Gue ga yakin ini kucing bakal sayang ama gue. Ditambah lagi.. Dia nakal banget, walau gue tau kitten emang aktif, tapi ternyata dia itu kucing paling nakal dari kucing lain di rumah temen gue. Gue ga sengaja ambil kucing yang paling suka bikin masalah..

Well

Still don't care. Tetep pelihara.

Sebulan pertama, dia gak pernah mengeong. Sama sekali. Gaada suara. Waktu masih di rumah temen, dia juga gaada suara. Jadi walau ada kucing, rumah gue bebas dari bunyi manja "meong meoong".

Pernah di satu titik gue kesel dan berharap dia mengeong. Binatang gabisa ngomong jadi mana gue tau pikiran mereka. Dengan tidak bersuara, gue makin bingung. Dia gapernah mengeong kalo laper, kalo aus, kalo mau pup, jadi agak repot. Kayak gamble pas battle di game, gatau musuh bakal nyerang pake apa karna gatau juga musuh punya skill apa aja.

Dia hanya mengeong.. atau bahkan nyerempet berdesis saat lagi di vaksin aja.

Dan dia gamau disentuh bahkan saat udah 2 bulan di rumah. Gue udah siap mental bakal diperlakukan secara dingin oleh makhluk kecil satu ini seterusnya. Gue terbiasa dibenci hewan kok.

Hampir 3 bulan memelihara.. suatu hari aja, dia tiba2 selalu mengeong dan ikut mengekor di belakang gue kalau gue lagi jalan-jalan di rumah.

Di bulan ke 3 pelihara, baru terlihat betapa lucu, gemesin, manja, caper, dan terbukanya makhluk kecil itu sama gue.

Nakalnya gak berkurang. Tambah nakal malah. Tapi semuanya termaafkan sama semua perilaku unyu dia.

Gue yang bener-bener seumur hidup ga merhatiin atau peduli atau apa ama binatang, menemukan bahwa memelihara kucing itu.. fenomenal sekali.

Kenapa juga itu kucing sayang ama gue. Gaenak kan, mandi 10 hari sekali, dilarang keluar rumah, dipaksa makan dry food padahal dia maunya makan daging yg kita makan, suntik vaksin, obat cacing..

But he likes me.. isn't it adorable? Such an innocent being.. to such a jerk like me..

Tapi yah.. gue juga baru punya kucing 3 bulan dan walau sudah 90 hari memelihara dia, masih merasa banyak banget yang gak gue tau dan tetap harus belajar bagaimana caranya biar bisa akrab ama makhluk kecil itu.

Dan semoga

Kau dapat mengurangi stres saya di taun terakhir perkuliahan ini ya sayangkuuu


Picko, my cat
Lagi mupeng