Rabu, 16 September 2015

SHONEN FIGHT VOL. 2 : A little bit about their progress

Gue dapet komiknya lewat tukang pos JNE hari senin 3 agustus.. SF vol 2 yang secara pribadi gue suka ama covernya, warnanya biru sih wkwk

Kenapa baru review sekarang? Yaa... mager aja, lagian udah cerita2 juga ama salah satu staff SF tentang semua kritik pedes asem manis gue (punya temen di staff gini nih ya, komen jahat tapi bodo amat)

Edisi 1 lalu gue udah nge review tuntas semua isi komiknya, dan waktu itu kesimpulannya adalah: kurang banyak isinya untuk bisa dinilai.

Maksudnya kurang banyak, tiap judul hanya diberi jatah 27 halaman, itu hanya setengahnya dari jumlah halaman one shot pada umumnya, yaitu 45-50 halaman. Menurut gue, pas sekali jika untuk chapter pertama memulai serialisasi dengan jumlah halaman 50, karena kita bisa melihat garis besar awal cerita dan sebesar apa potensi serta pengembangannya.

TAPI itu juga tidak pasti. Skill komikus itu sendiri yang menentukan apa dia mampu membuat permulaan yang mulus di 27 halaman. Maaf tapi sejauh ini di SF 1 semua ceritanya masih gaje mau dibawa kemana wkwk

Apresiasi untuk judul yang sepertinya bisa memulai cerita dengan lancar di SF1: Ghost Loan, Rabbit Vault, Kalasandhi

Sekarang saatnya review SF2. Oiya gue gak bakal komentar artwork judul2 sebelumnya. Karena sejujurnya kualitas gambarnya masih belum membaik. Yang bagus belum tambah bagus, yang kurang juga belum improve.

____MULAI SPOILER DISINI___

1. INHERITAGE Mukhlis Nur

Okay, pas baca ini gue langsung "Oooh...." karna gue bener2 baru menangkap ceritanya di chapter 2 ini.

Di chapter 2, INHERITAGE menyelesaikan semua pertanyaan yang seharusnya ada di chapter 1 (kalau saja dikasih halaman lebih banyak).

Arfi itu siapa dan kenapa? Walau memang masih banyak misteri, tapi kita sudah dapat gambaran kalau "sesuatu" terjadi sama ni anak. Kita dapat gambaran secuil masa lalunya, secuil tentang monster yang menyerangnya, dan keberadaan "dunia lain" yang tidak diketahui Arfi, yaitu keberadaan para pemusnah monster (yaksha, whatever it is) yang ternyata adalah temen cewe sekolahnya sendiri yang dia anggep.. normal.

Cerita sudah mulai masuk ke tahap berkembang, dengan phrase "ini bukan pertarungan kalian", dan sejujurnya gue sebagai pembaca langsung dapet lampu merah buat nandain ini judul untuk dinikmati di chapter selanjutnya.

Dua temen arfi gimana? Nah ini mah seiring berkembangnya cerita juga bakal tergali. Yang penting tokoh utama dulu lah.

Kesan dari cerita ini ngingetin gue sama BIRDMEN karya Tanabe Yellow. Gue ga bilang plagiat, beda banget kok, cuma gue mikir, cara Mukhlis Nur buat ngembangin cerita bisa belajar dari situ. Dari perkenalan tokoh utama, terus dia punya temen, dan BAM! Terjadi sesuatu dan muncul tokoh lain yang keliatan kayak "hero" pembasmi sesuatu wkwkwk.. Kronologinya mirip kan?


2. KALASANDHI Azisa Noor

Menurut gue pribadi, ceritanya tiba2 berkembang dari "potensial" jadi "seru"

(Untuk ke sejuta kalinya gue mau ngomong betapa chapter 1 itu butuh 50 halaman, but yeah this is the last)

Bayangin aja, semua orang di dunia mikir "tante tian jahaattt!!" Di chapter 1, eh di chapter 2 ternyata ngga hahaha.. bahkan jadi kunci tentang peran dan siapa sebenarnya tokoh utama.

Jujur deh, cerita yang mirip2 kayak gini banyak banget kan? Tapi kalasandhi beda, kenapa? Karena dia ceritanya di jaman dahulu kala, bukan jaman modern....

(Tetiba inget pilm yang abraham lincoln jadi pembasmi vampir pake kapak ajaib dia, oke lupakan)

Jadi beberapa hal sudah jelas:
- info umum ttg karakter utama, karena dikasih tau ama tante tian, dan dijelasin juga di chapter 1 kalau di permukaan dia hanya mahasiswi biasa
- info umum musuh (atau kawan?) karna tetiba udah tau vampirnya siape.. dan keambiguan apakah dia friendly atau enemy justru yang bikin cerita ini seru
-udah itu aja, oh sama sedikit latar cerita makhluk2 gaib yang harus dilawan keluarga tokoh utama wkwk kreatif juga, gue ampe searching buat mikir si komikus ambil dari mitos mana ya..


Is it just me, or this magazine have too much "spiritual being" for starter stories? Gue suka2 aja jadi yaudahlah


3. GHOST LOAN Mimi. N

Hokeh setelah liat anak sekolahan yang idup lagi abis ketabrak angkot.. kelanjutan yang bikin bingung akhirnya terselesaikan.. (gue usul chapter 1 dan 2 harus dianggep 1 chapter)

Di chapter 2 banyak sekali perkembangan yang lagi2 bikin gue "oh ceritanya kayak gini ternyata"

Maaf kalau banyak yang beda pendapat, tapi, GHOST LOAN terlalu mainstream, iya gak sih?

Jadi dia punya "senjata" buat lawan makhluk2 yang ngamuk di malam hari.. (teringat semua cerita mulai dari bleach sampe persona 3) terus ada sesuatu di diri dia yang membuat HQ Ghost Loan minta reza buat membunuhnya. Mungkin, mungkin ya, poin utama cerita ini adalah "Mengapa Reza diminta atasan buat bunuh Alina?" Karena selebihnya cerita ini terlalu mainstream

Dan bai de wei, di panel akhir ada gambar smartphone Reza yang retak2 abis dia ancurin, dan gue mati2an baca isi sms di layarnya (which is really really hard) hanya untuk melihat kalimat "Biarkan dia mati"

MAKE IT READABLE, LARGER THE FONT PLEASE, I AM TOO LAZY TO READ SMALL WRITINGS, THANK YOU

Udah deh ya, lanjut


4. RABBIT VAULT Bebek Terbang

Cowonya lucu bet.. bahkan Edward nya nyunyu banget

Agak kecewa karna harus nunggu chapter 3 buat liat aksi sang kelinci pencuri dan cowo imut bandel iseng yang maksa banget buat ikutan

Gue pernah bilang di review sebelumnya kalau gue kepo ama tongkat kelinci pencuri, well akhirnya diliatin, tapi dirusakkin ama dorkie imut itu. So far, ceritanya selangkah berkembang ke "akhirnya satu orang bergabung" tapi hanya itu.

Jadi hanya berkembang di:

- dorkie imut gabung
- sedikit konflik batin si kelinci pencuri, terhadap pemikirannya untuk membagikan harta orang kaya ke orang miskin

Kalau boleh jujur isi chapter kali ini gak guna2 banget ya, dia bahkan belum nyuri :v

Gue tertarik untuk komen tentang gambarnya lagi, but naaah~ sama aja kayak cahpter 1. Mungkin kalau ada yang mau baca ulasan jahat gue tentang artwork, bakal gue tambahin disini.

5. JEENIE Dani Kuswan

Not really my favorite genre, but well

Cerita mulai jalan dengan adanya tokoh antagonis, sedikit cerita tentang buku sihir, info tentang sihir jeenie hanya bisa aktif kalau terri yang minta, dan beberapa adegan koplak

Gue gatau dengan yang lain, tapi mungkin ini seru untuk penikmat cerita ringan dan artwork ringan, yang berisi konten shonen-ish, mereka pasti bisa menyukai cerita ini.

Karna secara cerita, termasuk ringan.. atau "masih" ringan.. atau sangat amat sederhana.. Gue gatau harus komen apa lagi wkwk

6. LOST IN HALMAHERA Maulana Faris

Hahaha oke jadi dia masih nyasar di halmahera (judulnya juga itu)

Ini komik 4koma, yang lumayan lah gue senyam senyum. Gue penikmat 4koma jadi ya.. sangat mendukung perkembangan cerita komedi2 lain lagi (kalau SF masukin komedi lain). Mungkin kalau dibuat lebih bercerita, bakal lebih seru... kayak week 1, week 2, terus kalau ada yg nyambung dr awal ampe akhir, bisa tambah seru. Ya buat komikusnya, pinter2 ngelucu aja ya wkwk

7. OH BLOOD! Cessa

Hmm...

Hmm...

Hmm...

Boleh gue skip gak?

Wahahaha maap gue ga baca ecchi. Takut dosa. Dan btw.. gue ga ngerti ecchi samsek. I know the story is supposed to be funny but I don't understand so... yeah. Sorry I'm not helping at all.


8. WINTERNESIA Dewanto Izfah

Gue pikir ceritanya bakal jadi cerita survival sedih yang baper, tapi kenapa jadi survival seinen penuh adegan gore? Ya untunglah Diana si bocah kecil itu selamat ya (terus?)

Humm okay, jadi ada kisah serem dibalik monas, dan.. ada psikopat.. dan si pamannya kenal.. lalu.. orang psiko aneh yang bakar sesuatu..

Maaf jika banyak yang mikir "lo baca ceritanya gak sih? Review yang bener!"

Gue udah baca, beberapa kali, meskipun gue gak suka gore, gue cewe normal yang gakuat liat sesuatu yang sadis.. tapi gue masih tetap bingung walau udah baca. Mungkin cara komikusnya menyampaikan cerita harus diperbaiki. Gue berniat ngasih review yang baik tapi gue ga ngerti ceritanya, jadi mau gimana lagi.

Gue udah bilang di review yg lalu masalah komik ini adalah ga jelas siapa aja tokohnya. Nah itu. Bikin tambah pusing karna mirip2.


9. ANKALA Hiro Nurhadi

Apa gue harus bahas artwork dia? Kapan2 aja ya gue mager

Menurut gue, sebagai cerita baru, agak kurang. Pas gue baca, gue kayak "....what.. did.. just.. happen here?"

Cerita: kurang berisi. Jadi nyeritain apa? Tokoh2 ini siapa? Anak kecil ini siapa? Kakeknya emang kenapa ampe disebut2? Terus cewe di halaman terakhir itu siapa? Apa hubungannya ama tokoh lain?

Setting tempat: where the hell is this? How does this world work? So there aren't many forest.. but so what?

Maaf aja, tapi ankala gak memberi banyak info pada pembaca tentang apa yang lagi dia bahas di komiknya. Komik itu harus padat informasi. Bahkan 1 chapter komik yang cuma 17 halaman aja bisa lebih banyak isinya. Don't waste your page, please.


10. JAKANOVA Mage

Yihaa satria ganteng lagi! Tapi di chapter ini satrianya jadi tokoh pembantu, gue sedih..

Bicara soal berbobot, chapter jakanova kali ini banyak isinya ya.. akhirnya tanah itu dimenangkan pengacara bule, terus agak down karna itu semua berkat kesalahan kecil hakim.

/I really need to understand some law and political things but I am just an architecture student whose work with art of space, so.. yeah/

Ceritanya tambah seru, walau gue cuma angguk2 aja karna gak ngerti soal hak tanah sih. Gue suka anggota The Palace yang pake atribut persija itu, wakakaka...

Dan tiba2 semua orang saling kenal, walaupun akan dibahas hubungan semua tokoh ini di chapter yang akan datang.

Semoga satria di chapter selanjutnya lebih ganteng dan narsis, amin


11. PERENNIUM K. Jati

Gue.. makin gak ngerti ceritanya X(

Sebenarnya gue punya feeling ini cerita sebenernya bagus. Ada masa lalu dengan alien, ada masa depan dengan alien.

Gue gak paham, jadi masa depan ada 2? Yang berhasil diselamatkan chindil dan yang tidak?

Jadi chindil itu bisa reinkarnasi dan muncul lagi di masa lalu dan masa depan?

Chindil itu siapa sebenernya? Kenapa dia hebat dan dicari?

Alurnya mungkin belum bisa dijelaskan dengan baik. Bahkan yang bisa gue highlight hanya Martin yang tetap ganteng /tampar/tampar/tampar/

Gue gatau mau berharap apa di chapter selanjutnya, mungkin gue ingin ceritanya bisa mengalir lebih baik lagi. Mungkin gue ingin Martin lebih tampan lagi.


12. HE IS GOD OF LOVE Masabodo

Sebelum komen pedas, mau bahas komik ini secara general.

Tokoh: sudah jelas. Jadi dia itu jones sejati yang pengen balas dendam ama semua couple di dunia. Terus ada temen cewe rajin murid teladan yg gasuka ama dia dan mereka ini ceritanya berbeda pendapat.

Cerita: oh oke jadi mau ngancurin hubungan orang, tp gegara cewe berkacamata ini, jadinya malah jadian beneran.

Setting: di suatu sekolah di dunia ini.

Gue masih belum paham apa yang dilakukan tokoh utama dan kenapa jadi god of love padahal dia jones sejati. Bukannya jadinya cewe kacamata itu yang berhasil nyatuin pasangan?

Sebelum gue ngomong lebih lanjut, gue mau minta maaf terhadap semua belah pihak jika gue bersikap subjektif (dari awal udah seenaknya kali)..

Apakah saat membaca ini kalian teringat Oregairu?

Apakah Aldi.. mengingatkan kalian dengan Hachiman?

...............

Mas jangan plagiat ya. Maaf kalau gue salah tapi entah kenapa gue ngerasa ini plagiat oregairu, terus gue jadi agak bete...

Buat artwork ntar deh. Mager.










Kesimpulannya: agak berat, tapi SF2 mengecewakan.. entah karna gue terlalu berharap plot nya berkembang dengan baik, entah karna emang tidak berkembang.

Awalnta harapan gue pas mau baca SF2, bisa dapet cerita baru yang ngasih fresh feeling, tapi gue ga dapet apa2.

Gue berharap, submisi yang masuk ke SF bagus2. Atau kalau SF kekurangan submisi yang cukup baik, culik aja komikus2 jago terus suruh bikin komik (jahat).

All best wishes for SF tho.. Give me more cute and handsome dorkies good comic and good stories!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar