Minggu, 27 September 2015

It's Not Like She's Lazy...

Masuk kuliah ke departemen Arsitektur di FTUI (gue bilangnya FT karna taunya hanya FT) kadang menimbulkan rasa demotivasi tanpa alasan yang jelas.

Dari beberapa kasus demotivasi yang aku tahu, banyak yang hanya karna tidak masuk sekali, dia ketinggalan banyak sekali dan akhirnya tidak mau mengerjakan tugas.

Ada yang sudah mengerjakan tapi tidak pede dan merasa tugasnya terlalu jelek sehingga tidak semangat lagi.

Tapi.. dari semua kasus, beberapa kasus ada yang unik dan kadang solusinya adalah si mahasiswa memang harus tegar.

Ada satu kasus dimana mahasiswa ini PP (pulang pergi alias gak nge kos). Kuliah pakai motor, jarak 15 menit.

Banyak banget anak nge kos punya masalah seperti:

1. Gue makan harus beli tiap hari, males keluar berujung ke sakit
2. Gue males laundry baju
3. Gue sendirian gaada yang jagain kalau sakit atau ada perlu

Dan dari semua segi aspek, anak PP yang tinggal dekat dengan kampus sangat beruntung. Misalnya:

1. Makanan selalu dibikinin mama
2. Baju dicuciin orang rumah
3. Ada orang di rumah sehingga bisa mengandalkan banyak orang

Pada kenyataannya, tidak semua anak PP seperti itu. Ada anak PP yang:

1. Harus antar jemput adiknya sekolah
2. Harus bantu antar jemput orangtuanya jika ada perlu
3. Harus bantu orangtua bayar tagihan listrik, bayar ini itu
4. Harus mengerjakan beberapa pekerjaan rumah kalau mama gabisa
5. Harus belanja bahan2 mentah ke pasar dalam jumlah besar dan bantu mama masak

Their 24 hours, tidak semuanya milik mahasiswa tersebut, tapi milik keluarganya juga.

Buat anak PP yang kerjaannya nugas mulu dan dibiarkan mengatur 24 jam waktunya untuk mereka sendiri, itu baru enak. Buat kasus di atas, nggak se bebas itu.

Buat anak nge kos, bersyukurlah. Walau tak ada mama, tapi mama membiarkan kalian semua mengatur semuanya sendiri.

Haha nulis kayak gini, ketauan lah ya gue anak PP yang harus bantu mama di rumah. Tapi jadinya tiap gue demot ga nugas, gue mau bilang gue males, gak juga ah.

Kalian nugas gue jemur baju.. atau nyetrika baju.. atau belanja keperluan makan.. atau cuci piring.. atau masak

Not for 1 person, but for all my family. Considering all my family eat 3 times a day, take a bath everyday..

Kita hidup. Saling bantu di rumah tangga ini.

Di sisi lain, hidup gue.. penuh warna. Kapan terakhir lo jalan ke pasar, belanja berbagai macam sayur, daging, dan rempah2, berbicara dengan semua pedagang di sana, mencari bahan yang paling bagus? (Gue tipe yang bakal keliling buat nyari wortel bagus, gamau kalau tukang sayurnya jual yg bopeng2).

Kapan terakhir lo mengantar seseorang ke berbagai tempat, dan mengenal orang lainnya? Saat gue mengantar adik gue sekolah, gue melihat banyak hal. Mengantar mama ke pengajian, dan mengenal teman2nya.

Kapan terakhir kali lo membawa seember baju dan menjemurnya satu per satu, hati2 agar menyetrikanya tidak sulit. Kapan terakhir kali lo nyetrika baju lo sendiri? Apa masih bisa lo nyetrika baju?

Kapan terakhir kali lo mengambil sapu dan menyapu semua sudut, merapikan barang2, dan benar2 mengenal seisi rumahmu?

Kapan terakhir kali lo mengambil sayuran dari kulkas, dan memotongnya untuk membuat sop ayam sederhana?

Terkadang.. gue melihat hidup gue dan berpikir, gue beruntung bisa melakukan semua ini.







Cuma ya itu, demot nugas aja.... (terus gaada kesimpulan).

Apa gue.. anak malas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar